Abis bahas soal asuransi, better kita tahu tentang apa lagi ya?? Hmmm… Gimana kalau kita bahas bareng soal jenis-jenis asuransi. Pada tahu gak niy apa aja jenis asuransi di Indonesia? Yuk kita ulas bareng

1. Asuransi Jiwa
Asuransi jiwa bisa disebut sebagai alat buat proteksi penghasilan (bahasa kerennya INCOME PROTECTION). Jadi bukan kehilangan jiwanya gaes yang ditanggung, tapi resiko di asetnya/kondisi keuangannya kalo terjadi resiko kehidupan kayak meninggal dunia. Maka ahli waris (biasanya istri/suami/anak) akan dapet sejumlah uang yang disebut uang pertanggungan (UP) jadinya gaya hidup mereka tetep terjamin kayak pas tertanggung hidup.

2. Asuransi Kesehatan
Asuransi kesehatan adalah asuransi yang bisa mengcover rawat inap di rumah sakit, sakit kritis, dll yang ada kaitannya sama kesehatan seseorang, bergantung sama produk kesehatan yang kita pilih sih gaes. Asuransi ini bisa diibaratkan kayak sedia payung sebelum hujan, sedia dana sebelum sakit. Jadi waktu resiko sakit terjadi, and kita punya asuransi ini, maka gak perlu khawatir dan cemas gak bisa bayar biaya rumah sakitnya. Karena perlu kamu ketahui bahwa biaya rumah sakit tiap tahun akan meningkat 10-20an persen, bergantung dari rumah sakitnya.

3. Asuransi Umum/General
Nah, kalau asuransi ini, lebih dekat banget sama kita-kita gaes, karena asuransi ini bisa dengan mudah kita temui sehari-hari. Yup, asuransi jenis ini kayak asuransi kendaraan bermotor, asuransi rumah, asuransi perjalanan/travel. Asuransi ini tentu aja bakal memproteksi aset yang kita punya jadinya saat resiko kayak kecelakaan/kebakaran, dll kita udah siap sedia, dan gak perlu bingung cari dana buat ngatasinya.

4. Asuransi Kumpulan/Corporate
Sebenernya asuransi ini mirip sama asuransi jiwa atau asuransi kesehatan tadi, cuma yang bedain adalah dua di atas tadi biasanya dimiliki secara perorangan, sedangkan ini dimiliki oleh sebuah badan/PT/yayasan secara kumpulan/korporasi. Maka, perhitungan resikonya adalah perhitungan secara kumpulan atau terdiri dari semua pesertanya.

5. Asuransi Dana Pendidikan/Dana Pensiun
Tahu kan gaes kalau tiap tahun bakal ada yang namanya inflasi? Inflasi bakal pengaruhi banyak aspek dalam hidup. Nah, pendidikan and biaya hidup seseorang juga bakal kena imbasnya. Itulah kenapa biaya pendidikan tiap tahun akan makin meningkat, makanya perlu ngerencanain keuangan yang matang agar saat buah hati atau kita sendiri mengenyam pendidikan lebih tinggi, secara keuangan kita udah siap. Juga saat kita rencanain pensiun kita gaes, karena uang tahun 2019 bakal beda banget sama nilai uang 20th lagi. Maka dari itu gaes kita perlu siapin sedini mungkin lewat asuransi ini.
Artikel by. RX