Hi, Sobat Koala,
Semoga kita semua sehat-sehat aja ya. Karena kan cuaca lagi tak menentu, seperti hati yang lagi galau, gak bisa ditebak, tiba-tiba hujan, tiba-tiba panas banget. Nah, sobat koala pernah ngrasain sakit? Sakit apapun, kecuali sakit hati ya. Pasti pernah kan? Pernah sampai masuk RS juga?
Apapun jawaban sobat koala, intinya kita tak pernah dapat memprediksi kondisi kesehatan kita. Kita gak pernah tahu kapan kartu AS itu keluar alias kapan musibah sakit kena ke kita. Kaitannya besar banget dengan tema artikel ini tentang INCOME PROTECTION.
Yuk kita hitung-hitungan singkat aja ya, misal niy,
Sobat X punya penghasilan 5juta tiap bulan, dipake bayar kos, makan, ngafe, pulsa, dll habis 3.5juta
Saldo 1.5juta. Misal aja sobat X tabung niy duit 1.5 perbulan x 12 bulan, setahun tabungannya 18juta, dia kumpulin duit karena pengen beli motor baru yang harganya 21juta. Banyak ya? Ya banyak donk kalau tabungan ini ngendon di rekening bank kita. Ternyata Sobat X tak sengaja tertempel bakteri S. Typhi (bukan typo ya) alias bikin sakit tipes. Mau tak mau sobat X memeriksakan diri ke dokter dan dianjurkan rawat inap, perhari untuk biaya kamar aja sobat X memerlukan biaya 300rb selama 5 hari di rawat, obat2an, pemeriksaan dokter, dll misalkan aja habis 4juta, jadi totalnya 5.5juta.
Nah, kondisi membuat sobat X mau tak mau merogoh koceknya dalam-dalam sehingga tabungan yang sudah terkumpul setahun sebanyak 18juta berkurang 5.5juta (setara 30%) menjadi 12.5juta (tinggal 70%), gede banget ya kalau dibuat prosentase gini?
Inilah artinya INCOME PRITECTION sobat koala, artinya kita berjaga-jaga sebelum terjadi resiko agar penghasilan atau income kita tidak akan terganggu jika terjadi hal-hal di luar prediksi atau di luar yang kita harapkan, sehingga kebutuhan kita, tujuan kita menabung dapat tetap tercapai. Kayak si sobat X tadi pengennya nabung beli motor 21juta malah gak kesampaian karena duitnya mesti dibayarin biaya RSnya.
Contoh lain adalah Sobat Y, dia adalah kepala keluarga yang bertanggung jawab, setiap bulan gajinya secara utuh dikasih ke istri dan anak tunggalnya sebut saja bunga. Bunga sekarang udah gede kelas 3 SMP. Sobat Y punya gaji 20juta perbulan, buat bayar kebutuhan rumah tangga dan pendidikan Bunga habis sekitar 15juta, bisa saving 5juta perbulan. Nah, tiba-tiba sobat Y mengalami kecelakaan beruntun di ruas jalan yang padat, sampai dilarikan ke RS dan dinyatakan meninggal dunia 5jam setelahnya. Lalu bagaimana nasib pendidikan si bunga? Bagaimana dapur mama bunga tetap mengepul? Ini jugalah artinya INCOME PROTECTION, yang dapat menggantikan gaji 20jt/bulan sobat Y sehingga gaya hidup dan kebutuhan keluarganya tidak akan mengalami perubahan yang berarti sepeninggal dirinya.
Inilah mengapa INCOME PROTECTION disebut sebagai PAHLAWAN KELUARGA karena kehadirannya membuat kondisi finansial keluarga tetap terjaga. Inilah salah satu fungsi dari ASURANSI JIWA.

Artikel by. RX