Bukanlah rahasia lagi jika milenial identik dengan menghabiskan uang untuk sekedar bersenang-senang. Apalagi terpikirkan untuk merencanakan dana pensiun, hal yang sangat jauh dari pikiran mereka. Padahal untuk menikmati hidup, kita tidak bisa hanya memikirkan masa sekarang. Kita juga perlu memikirkan rencana hidup kita di masa depan.

Merencanakan dana pensiun kini bukanlah hal yang sulit lagi, terlebih banyaknya aplikasi yang dapat membantu kita. Namun tetaplah niat dalam diri merupakan modal utama untuk melaksanakan itu semua. Tanpa berlama-lama lagi, inilah 5 manfaat merencanakan dana pensiun sejak dini.

1. Memiliki waktu lebih cepat dari biasanya.

time flies faster

koalafinansial.com

Dibandingkan orang yang tidak menargetkan waktunya sejak dini, merencanakan dana pensiun bisa terjadi lebih cepat dari perkiraan. Bayangkan saja jika anda mulai berinvestasi sejak usia 20.an awal, dengan memberi target di usia ke berapa anda pensiun, maka akan ada banyak waktu bagi anda mencapainya. Jika di tengah-tengah proses perencanaan uang tersebut anda mengalami kesulitan, anda memiliki banyak waktu untuk menganalisa dan segera memperbaikinya.

Untuk merencanakan dana pensiun anda perlu menggunakan bantuan para ahli. Koala sebagai perusahaan investasi dan asuransi siap membanyu anda untuk mewujudkannya. Jika tertarik, silahkan klik disini untuk info lebih lanjut.

 

2. Menghasilkan jumlah dana yang lebih banyak.

a larger amount of funds

koalafinansial.com

Jika anda memulai merencanakan dana pensiun sejak usia 20-an, tentu anda dapat menghasilkan jumlah dana pensiun yang berbeda dengan yang dimulai dari usia 40-an. Misalnya saja anda memilikiĀ  target dana pensiun di usia 56 tahun sebesar Rp1 miliar dan disiapkan dari usia 20-an, maka anda hanya perlu menyisihkan Rp 44 ribu per bulannya. Namun dengan catatan, anda perlu menempatkan dana pensiun pada instrumen agresi seperti saham yang keuntungan rata-rata 16 persen per tahun.

Sementara bila anda memulainya di usia 40 tahun, anda harus menabung dua kali lipatnya. Belum lagi inflasi yang terus terjadi setiap tahunnya tentu akan membebani anda dalam menabung, kan? Bertambahnya usia pasti akan semakin menyulitkan anda dalam menabung dana pensiun.

 

3. Menjaga standar kualitas hidup.

keep quality of life

koalafinansial.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat indonesia yang menggantungkan dirinya dengan orang lain. Banyak diantara kita yang belum berfikir untuk merencanakan dana pensiun di usia muda, karena berpikir memiliki saudara yang dapat diandalkan suatu saat nanti. Padahal kita bertanggung jawab atas diri kita sendiri. Selain itu dengan merencanakan dana pensiun sejak dini, kita akan meningkatkan standar kualitas hidup kita. Dan salah satu kunci bahagia di usia senja adalah dengan memenuhi kebutuhan di masa pensiun tanpa adanya kesulitan.

 

4. Membangun kebiasaan baikĀ 

A closeup shot of an entrepreneur working from home on his personal finances and savings

koalafinansial.com

Awalnya kita berpikir untuk menyisihkan uang adalah hal yang sangat berat. Perasaan itu sangat wajar, terlebih milenial memiliki jiwa untuk mengeksplor sesuatu dengan sangat menggebu. Bersenang-senang dengan teman, berbelanja, nongkrong di cafe dan berbagai kegiatan yang menghabiskan uang sering dilakukan oleh para milenial. Dari sinilah perlunya pemikiran dengan visi misi yang jelas kedepannya. Merencanakan dana pensiun sejak dini merupakan hal yang mampu membangun kebiasaan untuk berhemat, serta kebiasaan untuk berkorban di awal untuk masa depan yang lebih baik.

 

5. Memiliki dana darurat

have an emergency fund

koalafinansial.com

Selama dunia masih berputar sebagaimana mestinya, hidup akan terus berjalan. Tidak ada yang pernah tahu apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Dengan merencanakan dana pensiun sejak dini, berarti anda peduli pada kehidupan masa depan anda. Misalnya saja ternyata tanpa ada kira, anda mengidap penyakit yang membutuhkan biaya yang besar, bayangkan jika anda tidak mengelola keuangan dengan benar. Anda akan semakin kebingungan dan tidak mungkin membuat anda menjadi depresi. Dengan memiliki dana darurat, hidup anda akan terasa lebih mudah dan ringan.

 

Untuk menikmati hidup, sebagai millenial kita harus bisa berpikiran jauh kedepan. Tidak berfoya-foya dan menghabiskan segala yang kita punya hanya untuk hari ini saja. Semoga uraian kami diatas tentang 5 manfaat merencanakan dana pensiun sejak dini diatas bisa membantu anda mengelola keuangan dengan lebih baik lagi ya !

 

Koala Finansial Indonesia memberikan layanan konsultasi terbaik bagi nasabah yang ingin merencanakan masa depan lebih baik. Tersedia layanan untuk konsultasi persiapan dan proteksi masa depan meliputi proteksi jiwa, perencanaan dana pensiun dan perlindungan kesehatan.