Dipilih, dipilih, dipilih….Di jaman yang serba modern ini, makin banyak pilihan di depan kita, serta teknologi mempermudah kita bandingin macem-macem perusahaan asuransi. Supaya kita bisa pilih asuransi jiwa yang tepat buat kita, ini lho beberapa tips dalam memilih asuransi jiwa yang perlu kamu perhatikan.

 

1. Kenalilah Produk Asuransi Jiwa.

koalafinansial.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nah, langkah pertama tips dalam memilih asuransi jiwa adalah kenalilah produk asuransi jiwa. Berikut beberapa produk dari asuransi jiwa

  • Asuransi jiwa berjangka atau term life insurance.
    Asuransi jenis ini, biasa berikan perlindungan pada kita dalam jangka waktu tertentu aja guys. Seperti 5 tahun, 10 tahun, atau 20 tahun lamanya dengan premi tetap.
  • Asuransi jiwa seumur hidup atau whole life insurance.
    Kalau jenis ini, akan beri perlindungan seumur hidup kita atau sampai batas usia maksimum 100 tahun. Karena masa perlindungannya panjang, gak salah kalau pembayaran premi jenis asuransi ini adalah yang tertinggi.
  • Asuransi jiwa dwiguna.
    Sesuai namanya, asuransi ini berikan 2 manfaat buat kita. Yaitu, asuransi jiwa berjangka dan tabungan. Jenis ini paling banyak diminati guys.
  • Asuransi jiwa unit link
    Mirip dengan asuransi jiwa dwiguna yang beri 2 manfaat. Asuransi jiwa ini, beri manfaat perlindungan/proteksi dan investasi di dalamnya. Asuransi jenis ini juga sudah banyak kita temui di Indonesia.

 

2. Lihatlah kondisi finansialmu dalam menetapkan premi

koalafinansial.com

Premi mesti kita anggarin tiap bulan guys, karena premi asuransi bisa kita bayar tiap bulan, kuartalan, semesteran ataupun tahunan. Agar manfaat asuransi bisa kita dapatkan secara rutin, Idealnya penentuan premi adalah 10-20 persen dari pendapatan kita tiap bulannya. Ini juga merupakan tips dalam memilih asuransi jiwa yang tidak kalah penting.

 

3. Ketahui besarnya uang pertanggungan (UP)

koalafinansial.com

Bicara soal asuransi jiwa ya tentu aja kita ngomongin soal sejumlah uang yang akan diterima ahli waris jika terjadi resiko meninggal dunia (seperti penjelasan uang kematian yang lalu). Nah, tips dalam memilih asuransi jiwa berikutnya adalah kita perlu tahu berapa besaran UP kita disesuaikan dengan premi yang kita bayar, serta tujuan kita membeli asuransi ini guys. Jadi kalau tujuan kita memang untuk perlindungan jiwa/aset maka belilah UP yang lebih besar, kalau tujuan kita lebih ke proteksi kesehatan, maka UP boleh kita perkecil jumlahnya.

 

4. Perhatikan perusahaan asuransinya

koalafinansial.com

Tentu aja tips dalam memilih asuransi jiwa berikutnya adalah  mari kita pilih perusahaan asuransi yang punya kredibilitas tinggi. Kita lihat aja track recordnya, apa ada penghargaan yang diterima? Bagaimana historis pembayaran klaim nasabahnya? Berapa RBC (Risk Base Capital)-nya? Ketentuan pemerintah adalah min. RBC 120%. Jadi RBC ini adalah faktor kecukupan modal dari perusahaan asuransi dalam membayar klaim dalam satu waktu tertentu.

 

5. Pastikan agen asuransi yang melayani kita berlisensi

koalafinansial.com

Susdah masuk tips dalam memilih asuransi jiwa yang kelima nih, yang tentunya sangat penting adalah pastikan agen yang menawarkan diri melayani kita adalah agen yang punya lisensi AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia)

 

6. Pilih yang punya layanan terbaik

koalafinansial.com

Tips dalam memilih asuransi jiwa yang keenam adalah pilih perusahaan asuransi jiwa yang punya layanan pelanggan 24 jam. Waktu kita butuh info dia ada, waktu kita klaim dia ada. Dan selalu ada saat kita perlu.

 

7. Teliti isi polis

koalafinansial.com

Tips dalam memilih asuransi jiwa lainnya adalah telitilah sebelum membeli, nah ini juga berlaku untuk asuransi jiwa. Kita mesti teliti membaca setiap pasal di polis guys, supaya kita memahami poin-poin penting di dalamnya. Karena kan cukup panjang masa pembayaran kita.

 

8. Miliki asuransi jiwa saat sehat dan muda

koalafinansial.com

Kenapa? Karena asuransi bicara soal pengalihan resiko. Tips dalam memilih asuransi jiwa berikutnya adalah milikilah asuransi ketika masih sehat dan bugar. Perusahaan asuransi akan menilai kita resikonya rendah, maka akan lebih mudah menerima kita dapat manfaat perlindungan dari perusahan itu. Seiring bertambahnya usia, resiko sakit, dan lain sebagainya menjadi lebih tinggi, makanya sudah lazim jika premi yang mesti kita bayar jadi lebih besar seiiring dengan pertambahan usia kita.

 

Kurang lebih inilah beberapa hal yang perlu kita pikirin, kepoin dan bandingin supaya kita bisa mendapat asuransi jiwa terbaik versi kita. Selamat mencari guys…

Artikel by. RX