Apa uang bagimu? Berbicara mengenai uang banyak pakar yang memiliki berbagai definisi mengenai UANG.


Robert Kiyosaki:
“Don’t work for money, make it work for you”
“Jangan bekerja untuk uang, buat uang bekerja untukmu”


Solomon:
“Money is the answer for everything”
“Uang adalah jawaban dari segalanya”


Bradley Vinson:
“Money is a tool. Used properly, it makes something beautiful. Used wrong it makes a mess!”
“Uang adalah alat. Gunakan dengan bijak dan buat sesuatu yang indah. Gunakan dengan salah dan ini akan menimbulkan kekacauan”

Definisi kita mengenai UANG, menentukan bagaimana kita memperlakukan dan menghabiskan UANG. Faktanya, tidak masalah kita menggunakan uang, tentu saja dengan cara yang bijak atau dengan cara yang salah. Cara yang bijak menuntun kita untuk memandang UANG sebagai alat untuk mencapai tujuan pribadi kita.

Menggunakan UANG sebagai alat dimulai dari memahami apa yang kita inginkan/harapkan dan mengapa kita menginginkannya. Kita harus jelas mengenai prioritas kita sendiri dan tujuan hidup kita. Kita membutuhkan sebuah proses untuk menentukannya.

Renungkan sejenak apa yang sesungguhnya menjadi prioritas kita. (1) Apa yang menurut kita penting? (2) Kita ingin hidup kita tampak seperti apa? (3) Apa saja nilai-nilai hidul kita? (4) Apa yang membuat kita bahagia saat ini? Ketiga pertanyaan ini akan membantu kita menentukan prioritas tujuan kita saat ini.

Tujuan kita dapat berupa ingin mempersiapkan pensiun yang sejahtera. Bisa berupa ingin memiliki investasi berupa rumah kos-kosan. Dapat juga berupa pendidikan yang tinggi di Universitas ternama. Apapun yang menjadi tujuan kita, yang terutama adalah mewakili yang terpenting bagi kita saat ini dan kita menjadikan UANG sebagai alat untuk mencapainya.
Refleksi Pribadi:
1. Apa definisi UANG bagi kita?
2. Sudahkah kita menjadikan UANG sebagai alat?
3. Sudahkah kita memahami apa yang menjadi prioritas kita saat ini?
Artikel by. RX